Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) memegang peranan penting dalam membentuk generasi muda yang sehat, aktif, dan memiliki kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat. Bagi siswa kelas 2 Sekolah Dasar, semester kedua ini biasanya mencakup berbagai materi yang lebih mendalam mengenai aktivitas fisik, permainan, serta pemahaman dasar tentang kesehatan.
Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas contoh soal Pilihan Ganda (PG) untuk Penjaskes kelas 2 semester 2. Kami tidak hanya menyajikan soal-soal yang relevan dengan kurikulum, tetapi juga memberikan pembahasan mendalam untuk setiap jawaban. Tujuannya adalah agar siswa tidak hanya hafal jawaban, tetapi benar-benar memahami konsep di baliknya. Dengan pemahaman yang kuat, siswa akan lebih percaya diri dalam menjawab soal-soal ujian dan yang terpenting, dapat mengaplikasikan pengetahuan Penjaskes dalam kehidupan sehari-hari.
Mari kita mulai petualangan belajar Penjaskes ini!
Bab 1: Gerak Lokomotor dan Non-Lokomotor

Pada semester kedua, siswa kelas 2 akan lebih mendalami berbagai jenis gerakan. Gerak lokomotor adalah gerakan yang berpindah tempat, sementara gerak non-lokomotor adalah gerakan yang tidak berpindah tempat. Memahami perbedaan ini sangat penting untuk membangun fondasi keterampilan gerak dasar.
Contoh Soal 1:
Manakah di antara gerakan berikut yang termasuk gerak lokomotor?
A. Mengayunkan tangan
B. Melompat dari ketinggian rendah
C. Memutar badan
D. Menekuk lutut
Pembahasan:
Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan tubuh berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
- A. Mengayunkan tangan: Ini adalah contoh gerak non-lokomotor karena tangan bergerak tetapi tubuh tetap di tempat.
- B. Melompat dari ketinggian rendah: Melompat melibatkan perpindahan tempat dari satu titik ke titik lain. Oleh karena itu, ini adalah gerak lokomotor.
- C. Memutar badan: Tubuh berputar pada porosnya, tetapi tidak berpindah tempat secara keseluruhan. Ini adalah gerak non-lokomotor.
- D. Menekuk lutut: Gerakan pada persendian tanpa perpindahan tempat. Ini adalah gerak non-lokomotor.
Jawaban yang Tepat: B
Contoh Soal 2:
Siti sedang bermain petak umpet. Ia harus berlari untuk bersembunyi. Gerakan yang dilakukan Siti saat bersembunyi adalah contoh dari gerak…
A. Non-lokomotor
B. Lokomotor
C. Manipulatif
D. Keseimbangan
Pembahasan:
Dalam permainan petak umpet, anak perlu berpindah tempat untuk mencari tempat persembunyian. Berlari adalah aktivitas yang jelas menunjukkan perpindahan tempat.
- A. Non-lokomotor: Gerakan yang tidak berpindah tempat.
- B. Lokomotor: Gerakan yang berpindah tempat.
- C. Manipulatif: Gerakan yang melibatkan penggunaan alat, seperti melempar atau menangkap bola.
- D. Keseimbangan: Gerakan untuk menjaga agar tubuh tidak jatuh.
Jawaban yang Tepat: B
Contoh Soal 3:
Gerakan memutar lengan ke depan dan ke belakang saat pemanasan adalah contoh dari gerak…
A. Lokomotor
B. Non-lokomotor
C. Manipulatif
D. Menendang
Pembahasan:
Saat melakukan pemanasan dengan memutar lengan, tubuh kita tidak berpindah tempat. Gerakan hanya terjadi pada bagian lengan.
- A. Lokomotor: Gerakan yang berpindah tempat.
- B. Non-lokomotor: Gerakan yang tidak berpindah tempat.
- C. Manipulatif: Gerakan yang melibatkan penggunaan alat.
- D. Menendang: Gerakan kaki yang bisa menjadi lokomotor (jika sambil berlari) atau non-lokomotor (jika hanya mengayunkan kaki).
Jawaban yang Tepat: B
Bab 2: Permainan Bola Kecil dan Bola Besar
Semester kedua juga seringkali memperkenalkan siswa pada berbagai jenis permainan, baik yang menggunakan bola kecil maupun bola besar. Pengenalan ini mencakup cara memegang bola, melempar, menangkap, dan menendang.
Contoh Soal 4:
Salah satu contoh permainan bola besar adalah…
A. Kasti
B. Rounders
C. Sepak bola
D. Tenis meja
Pembahasan:
Permainan bola besar biasanya menggunakan bola yang ukurannya lebih besar dibandingkan bola kasti, rounders, atau tenis meja.
- A. Kasti: Menggunakan bola yang relatif kecil.
- B. Rounders: Menggunakan bola yang relatif kecil.
- C. Sepak bola: Menggunakan bola yang ukurannya besar dan dimainkan dengan kaki.
- D. Tenis meja: Menggunakan bola yang sangat kecil.
Jawaban yang Tepat: C
Contoh Soal 5:
Saat akan menangkap bola yang datang dari arah depan dengan kedua tangan, posisi tangan yang benar adalah…
A. Jari-jari rapat dan telapak tangan terbuka ke atas
B. Jari-jari terbuka lebar dan telapak tangan membentuk seperti mangkuk
C. Kedua tangan dikepalkan
D. Jari-jari rapat dan telapak tangan menghadap ke depan
Pembahasan:
Teknik menangkap bola dengan kedua tangan bertujuan untuk mengamankan bola agar tidak terlepas.
- A. Jari-jari rapat dan telapak tangan terbuka ke atas: Posisi ini baik untuk menangkap bola dari bawah, namun kurang efektif untuk bola dari depan.
- B. Jari-jari terbuka lebar dan telapak tangan membentuk seperti mangkuk: Posisi ini menciptakan area tangkap yang luas dan nyaman, sehingga bola yang datang bisa tertampung dengan baik. Jari-jari yang terbuka lebar membantu mengarahkan bola masuk ke telapak tangan.
- C. Kedua tangan dikepalkan: Ini akan membuat bola memantul dan sulit ditangkap.
- D. Jari-jari rapat dan telapak tangan menghadap ke depan: Posisi ini baik untuk menahan bola, tetapi kurang fleksibel untuk menangkap bola yang bergerak cepat.
Jawaban yang Tepat: B
Contoh Soal 6:
Dalam permainan sepak bola, gerakan menendang bola menggunakan bagian kaki yang mana?
A. Ujung jari kaki
B. Bagian punggung kaki (dekker)
C. Bagian samping kaki
D. Semua benar
Pembahasan:
Sepak bola melibatkan berbagai teknik menendang. Namun, untuk tendangan yang kuat dan akurat, seringkali digunakan bagian punggung kaki.
- A. Ujung jari kaki: Lebih sering digunakan untuk menggiring bola secara halus atau menipu lawan.
- B. Bagian punggung kaki (dekker): Memberikan kekuatan dan akurasi yang baik untuk tendangan jarak jauh atau tendangan ke gawang.
- C. Bagian samping kaki: Digunakan untuk tendangan yang lebih melengkung atau untuk mengoper bola jarak pendek.
- D. Semua benar: Meskipun semua bagian kaki bisa digunakan, punggung kaki adalah yang paling umum untuk tendangan yang bertenaga. Namun, soal menanyakan "gerakan menendang bola" secara umum, dan punggung kaki adalah yang paling dominan untuk tujuan utama menendang. Dalam konteks kelas 2, fokus pada punggung kaki sebagai cara utama menendang bola adalah tepat.
Jawaban yang Tepat: B
Bab 3: Keterampilan Gerak Dasar Senam
Senam adalah salah satu cabang olahraga yang sangat baik untuk melatih kelenturan, kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Pada tingkat kelas 2, pengenalan senam biasanya fokus pada gerakan-gerakan dasar yang aman dan menyenangkan.
Contoh Soal 7:
Gerakan mengangkat kedua tangan lurus ke atas, lalu membungkukkan badan hingga tangan menyentuh ujung jari kaki, adalah contoh dari gerakan…
A. Lompat
B. Gerakan keseimbangan
C. Gerakan kelenturan
D. Gerakan memutar
Pembahasan:
Membungkukkan badan dan berusaha menyentuh ujung jari kaki melibatkan peregangan otot-otot di bagian belakang tubuh, terutama punggung dan paha belakang. Ini adalah latihan untuk meningkatkan kelenturan.
- A. Lompat: Melibatkan gerakan naik turun atau melompat ke udara.
- B. Gerakan keseimbangan: Gerakan yang menantang tubuh untuk tetap stabil pada satu kaki atau posisi tertentu.
- C. Gerakan kelenturan: Gerakan yang meregangkan otot dan sendi untuk mencapai jangkauan gerak yang lebih luas.
- D. Gerakan memutar: Gerakan yang melibatkan rotasi pada sendi atau tubuh.
Jawaban yang Tepat: C
Contoh Soal 8:
Untuk melakukan gerakan kayang, posisi awal yang benar adalah…
A. Berdiri tegak
B. Duduk telunjang
C. Tidur terlentang dengan kedua kaki ditekuk dan telapak kaki menapak lantai
D. Berdiri dengan kedua kaki rapat
Pembahasan:
Gerakan kayang membutuhkan tumpuan pada tangan dan kaki untuk mengangkat tubuh membentuk lengkungan.
- A. Berdiri tegak: Tidak memungkinkan untuk melakukan kayang.
- B. Duduk telunjang: Gerakan yang berbeda dengan kayang.
- C. Tidur terlentang dengan kedua kaki ditekuk dan telapak kaki menapak lantai: Posisi ini adalah persiapan yang ideal untuk mengangkat pinggul dan kemudian kedua tangan untuk membentuk lengkungan kayang.
- D. Berdiri dengan kedua kaki rapat: Tidak memungkinkan untuk melakukan kayang.
Jawaban yang Tepat: C
Contoh Soal 9:
Gerakan berikut yang termasuk gerakan senam lantai dasar adalah…
A. Gerakan melempar bola
B. Gerakan melompat gawang
C. Gerakan berguling ke depan
D. Gerakan lari cepat
Pembahasan:
Senam lantai dilakukan di atas permukaan datar, seperti matras, dan umumnya melibatkan gerakan seperti berguling, sikap lilin, atau lompat tali.
- A. Gerakan melempar bola: Termasuk dalam permainan bola.
- B. Gerakan melompat gawang: Terkait dengan atletik atau permainan rintangan.
- C. Gerakan berguling ke depan: Merupakan salah satu gerakan dasar yang umum dipelajari dalam senam lantai.
- D. Gerakan lari cepat: Termasuk dalam atletik.
Jawaban yang Tepat: C
Bab 4: Pentingnya Kebersihan Diri dan Lingkungan
Aspek kesehatan dalam Penjaskes tidak kalah pentingnya. Siswa kelas 2 mulai diajarkan tentang kebiasaan-kebiasaan yang menunjang kesehatan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.
Contoh Soal 10:
Setelah bermain di luar rumah yang kotor, tindakan yang pertama kali harus dilakukan adalah…
A. Langsung makan
B. Mencuci tangan dengan sabun
C. Tidur siang
D. Minum air putih
Pembahasan:
Tangan yang kotor dapat menjadi sarang kuman. Mencuci tangan dengan sabun adalah cara paling efektif untuk membersihkan kuman dan mencegah penyakit.
- A. Langsung makan: Sangat berisiko jika tangan masih kotor, dapat menyebabkan keracunan makanan.
- B. Mencuci tangan dengan sabun: Ini adalah langkah pencegahan penyakit yang paling penting setelah beraktivitas di luar.
- C. Tidur siang: Bisa dilakukan setelah kebersihan diri terjaga.
- D. Minum air putih: Penting, namun tidak secara langsung membersihkan kuman dari tangan.
Jawaban yang Tepat: B
Contoh Soal 11:
Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat kita merasa…
A. Cepat lelah
B. Tidak nyaman
C. Senang dan sehat
D. Takut untuk bermain
Pembahasan:
Lingkungan yang bersih, rapi, dan sehat akan memberikan suasana yang menyenangkan dan positif. Hal ini membuat siswa merasa lebih nyaman untuk belajar, bermain, dan beraktivitas.
- A. Cepat lelah: Lingkungan bersih seharusnya membuat lebih bersemangat.
- B. Tidak nyaman: Lingkungan bersih seharusnya membuat nyaman.
- C. Senang dan sehat: Lingkungan yang bersih berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental yang baik.
- D. Takut untuk bermain: Lingkungan yang bersih justru aman dan nyaman untuk bermain.
Jawaban yang Tepat: C
Contoh Soal 12:
Mengapa kita perlu menjaga kebersihan makanan yang akan dimakan?
A. Agar makanan terasa lebih enak
B. Agar tidak sakit perut atau terkena penyakit
C. Agar bisa pamer kepada teman
D. Agar cepat kenyang
Pembahasan:
Menjaga kebersihan makanan adalah salah satu cara penting untuk mencegah masuknya bakteri, virus, atau kotoran ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan seperti sakit perut atau diare.
- A. Agar makanan terasa lebih enak: Kebersihan memang berpengaruh pada rasa, tetapi bukan alasan utama.
- B. Agar tidak sakit perut atau terkena penyakit: Ini adalah alasan paling krusial terkait kesehatan.
- C. Agar bisa pamer kepada teman: Alasan yang tidak relevan dengan kesehatan.
- D. Agar cepat kenyang: Kebersihan makanan tidak secara langsung mempengaruhi rasa kenyang.
Jawaban yang Tepat: B
Penutup
Dengan mempelajari contoh soal dan pembahasan yang telah disajikan, diharapkan siswa kelas 2 dapat lebih memahami materi Penjaskes semester kedua. Ingatlah, Penjaskes bukan hanya tentang menghafal teori, tetapi juga tentang mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Teruslah bergerak aktif, jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta jadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan. Semangat belajar dan tetap sehat!

